Kali ini kita akan kembali belajar tentang tool yang ada di Adobe Illustrator. Tool yang akan kita pelajari adalah Selection Tool dan Direct Selection Tool.

Selection Tool

Selection tool merupakan tool yang posisi nya ada pada bagian paling atas sebelah kiri dari toolbox di adobe illustrator. Fungsi dari selection sendiri adalah menyeleksi objek atau shape yang kita buat yang gunanya agar kita dapat mengubah objek tersebut seperti memindahkan posisi nya, mengubah ukurannya, menghapusnya, mengcopynya, dan masih banyak lagi. Intinya selection tool adalah tool yang paling penting dan sering kita gunakan di adobe lllustrator.

Baca Juga : Tutorial Menggunakan Pathfinder Adobe Illustrator

Cara menggunakannya adalah dengan memilih simbol kursor seperti gambar di bawah, atau dengan menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol “V”.

Setelah itu pilih objek yang ingin kita ubah. Ada beberapa trik dalam menggunakan selection tool, salah satunya adalah pada saat kita ingin mengubah ukuran suatu objek, agar objek yang kita rubah tetap  simetris tidak lebih tinggi atau lebih lebar, tekan tombol “Shift” sambal kita mengubah ukuran objek nya dengan menggunakan selection tool. Hasilnya objek yang kita ubah ukurannya akan lebih simetris.

Salah satu trik selanjutnya ada mengcopy objek dengan menggunakan selection tool. Caranya mudah cukup dengan seleksi objek yang ingin kita copy kemudian tekan tombol “Alt” pada keyboard sambal kita menarik objek tersebut ke posisi lain. Hasilnya objek tersebut akan otomastis tercopy tanpa harus kita menekan tombol “Ctrl + C” dan “Ctrl + V”.

Zikku

Illustrator

About the Author

Illustrator

View Articles